/* Banner Iklan 125x125 */ #spotbanner{ overflow: hidden; padding:0; } .ad1, .ad3 { float: left; margin-bottom: 5px; padding-left:0px; } .ad2, .ad4 { float: right; margin-bottom: 5px; padding-right:0px; }

Rabu, 16 Februari 2011

DAMPAK PERKEMBANGAN IPA DAN TEKNOLOGI TERHADAP BAHASA DAN SASTRA INDONESIA


BAB I PENDAHULUAN

A.      Latar belakang masalah
Dewasa ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin meningkat. Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maka tidak akan dapat dipungkiri memberikan dampak negatif dan positif bagi kelangsungan hidup manusia. Dari dampak positif tersebut manusia dapat mempergunakannya untuk kesejahteraan hidupmya. Dalam hal ini ada kaitannya terhadap pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
Bahasa merupakan alat berkomunikasi. Sebagai alat berkomunikasi, bahasa mempunyai peranan penting bagi kehidupan manusia. Dizaman modern ini banyak pengaruh yang merubah susunan kata maupun dalam penggunaannya ataupun bahasa sms. Bahkan bukan itu saja bahasa Indonesia dianggap kurang berkelas dalam penggunaannya.
Berdasrakan deskripsi diatas penulis akan menjelaskan sedikit dampak, hubungan terhadap bahasa dan  sastra Indonesia.

B.       Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka rumusan masalah sebagai berikut;
1.        Apa yang dimaksud IPA dan Teknologi?
2.        Bagaimana hubungan IPA dan Teknologi terhadap bahasa dan sastra Indonesia?
3.        Bagaimana dampak perkembangan IPA dan Teknologi terhadap bahasa dan sastra Indonesia?

C.      Tujuan makalah
Sejalan dengan rumusan masalah diatas maka tujuan makalah sebagai berikut;
1.        Untuk mengetahui pengertian IPA dan Teknologi.
2.        Untuk mengetahui dampak negatif dan positif perkembangan IPA dan Teknologi terhadap kehidupan manusia?
3.        Untuk mengetahui kaitan IPA dan Teknologi terhadap pendidikan bahasa Indonesia?
4.        Untuk mengetahui pengaruh IPA dan Teknologi terhadap pendidikan bahasa Indonesia?

D.      Kegunaan makalah
Makalah ini disusun dengan harapan memberikam kegunaan baik secara teoretis maupun secara praktis. Secara teoretis makalah ini berguna bagi pengembangan konsep. Secara praktis makalah ini berguna sebagai wahana penambah pengetahuan dan konsep pengetahuan, sebagai media informasi materi pembelajaran.

E.       Prosedur makalah
Makalah ini disusun dengn menggunakan metode deskriptif. Melalui metode ini penulis menguraikan permasalahan yang dibahas dengan jelas. Hal ini penulis setelah melakukan teknik kepustakaan, teknik ditempuh dengan cara membaca, mempelajari, dan memahami bahan-bahan untuk memperoleh toeri-teori yang berhubungan dengan makalah.











BAB II PEMBAHASAN

A.  Tinjaun teoretis
H.W. Fower mengatakan  bahwa IPA adalah ilmu yang sisitematis  dan dirumuskan, yang berhubungan dengan gejala kebendaan dan didasarkan terutama atas pengamatan dan induksi. Sedangkan Nokes menyatakan bahwa IPA adalah pengetahuan teoretis yang diperoleh dengan metode khusus.
Seiring pernyataan diatas dapat disimpulkan IPA merupakan ilmu yang sistematis yang dapat didasarkan dengan pengamatan indeksi yang khusus.

B.  Pembahasan
1.         Perkembangan IPA dan Teknologi.
Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu yang mempelajari alam dan segala isinya. Awal dimulai ilmu pengetahuan alam pada saat manusia memperhatikan gejala-gejala alam, mencatatnya kemudian mempelajarinya. Selanjutnya dari peningkatan kemampuan daya pikirnya manusia mampu melakukan eksperimen untuk membuktikan dan mencari kebeneran dari suatu pengetahuan baru.perkembangan IPA dimulai pada zaman kuno, zaman yunani kuno seperti Thales, Phytagoras, Plato,Aristoteles,Galileo Galilei.
Dalam ilmu penetahuan alam setiap pengindraan yang dinyatakan dalam sebuah alat ukur akan diubah menjadi konsep, ilmuwan tidak akan lupa menggunakan penalaran-penalaran induktif yang berubah kepenalaran deduktif.
Dengan berkembangnya ilmu IPA dan Teknologi para ilmuan dapat mengetahui ruang angkasa, bahan-bahan polimer yag dihasilkan oleh industri-industri, bahan-bahan campuran adalah bahan-bahan yang mempunyai sipat metal dan berisi sekurang-kurangnya dua elemen.

a.     Manfaat perkembangan IPA dan Teknologi bagi kehidupan manusia.
Hasil teknologi telah merasuk dalam kehidupan kebanyakan sehari-hari sedemikian rupa, sehingga seseorang menganggapnya dapat memecahkan masalah dengan memanfaatkan sinar matahari untuk membangkitkan tenaga listrik secara langsung, contoh lain misalnya;
1)   Dengan telah diketemukannya alat komunikasi telepon orang dapat mudah berkomunikasi dengan orang lain walaupun jaraknya sangat jauh.
2)   Adanya alat tranportasi yang lebih canggih, maka orang akan lebih cepat dan lebih aman dalam perjalanan jauh, juga orang dapat menjelajahi antariksa.
3)   Dengan menggunakan computer orang dapat dengan mudah mengoreksi suatu pekerjaan dengan cepat.

b.    Perkembangan IPA dan Teknologi bagi kehidupan manusia.
Teknologi menempuh perkembangan amat pesat masa lalu hingga menyilaukan mata manusia, kini orang-orang mulai mempersoalkan akibat-akibat yang dibawa teknologi pada peradaban pada manusia sebagai keseluruhan, baik benturan teknologi terhadap nilai-nilai kemanusiaan, akibat-akibat fisik maupun benturan terhadap tata linkungan sebagai keseluruhan.
Melihat kecendrungan dari perkembangan berbagai tahap yang dialaminya, jelas bahwa teknologi menjadi harapan jika dituruti suatu haluan yang terarah pada usaha meningkatkan mutu kehidupan manusia, yakni mencukupi: bahan pangan (usaha pengadaan pangan), membuat pangan baru, sereal berprotein tinggi, membuat pangan baru, protein sel tunggal, pembuatan daging tiruan, penyedian sandang, peningkatan kesehatan, penyedian energi.
2.    Dampak perkembangan IPA dan Teknologi terhadap pendidikan bahasa Indonesia.
Dampak positif perkembangan IPA dan Teknologi dapat dibuat macam-macam media pendidikan, seperti OHP,Slide, Film strip, TV, Tape Recorder dan lain-lain yang dapat mempermudah proses pendidikan. Hal ini berkaitan dengan pendidikan bahasa Indonesia untuk mempermudah penyampain materi proses pembalajaran dengan tujuan untuk mudah dipahami oleh peserta didik. Apalagi dizaman modern ini guru dituntut supaya menguasai teknologi.
Dengan dibuat teknologi modern dapat dibuat bermacam-macam alat-alat tranportasi (kapal terbang, kapal laut, alat tranportasi darat) dan sarana komunikasi seperti pesawat telepon, telegram, satelit, radio, TV, CB dan lain-lain. Adanya sarana komunikasi seperti radio, TV dapat mendukung mudah tersebar luasnya kebudayaan dan informasi mengenai kejadian-kejadian di daerah lain.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia membawa dampak kemajuan bagi para masyarakatnya. Disamping itu pula penggunaan IPA dan teknologi juga membawa dampak semangat juang bangsa. Mereka memanfaatkan IPA dan teknologi modern untuk mencari informasi mengenai keadaan masyarakatnya. Oleh karena itu masyarakat pun  benar-benar terbantu dengan perkembangan IPA dan teknologi
IPA dan Teknologi juga berdampak pada bahasa dan sastra yang digunakan oleh para masyarakat dengan bertambah wawasan bahasanya, yang cukup meluap dari bahasa satu kebahasa lainnya. Kemajuan IPA dan Teknologi dapat memenuhi kehidupan sosial karena status seorang warga tidak lagi didasarkan pada keturunan melainkan pada keahlian dalam penguasaan ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Sedangkan dampak negatif yang terjadi pada bahasa dan sastra Indonesia dari IPA dan Teknologi, terjadinya pencemaran bahasa yang menghasilkan bahasa gaul atau bahasa sms, pemakaian teknologi modern cenderung mengasingkan manusia dari keberadaan sebenarnya, mengakibatkan pembatasan kebebasan terhadap manusia dalam penggunaan bahasa dan sastra Indonesia. IPA dan Teknologi juga menjadi alat pemisah antar manusia, cenderung mempercepat tempo perkembangan dalam masyarakat, sehingga berkembang secara cepat dan mudah. Pengaruhnya pun  tinggi terhadap bahasa dan sastra Indonesia dengan adanya alat canggih para masyarakat yang mengenal alat tersebut sebagian mengabaikan penggunaan bahasa dan sastra Indonesia dalam komunikasi dipandang merosot karena ada alat yang dianggap lebih unik dari berbahasa.

3.    Hubungan IPA dan Teknologi terhadap pendidikan bahasa Indonesia.
Bahasa bagi manusia merupakan suatu kebutuhan. Segala hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia pasti membutuhkan bahasa. Perkembangan ilmu pengetahuan alam, teknologi, dan kebudayaan tidak mungkin dapat terjadi tanpa ada bahasa sebagai alatnya.
Hubungan perkembangan IPA dan Teknologi yaitu kemajuan IPA dan teknologi dapat mengetahui sumber bunyi yang dihasilkan oleh alat indra manusia. Perkembangan ini sangat mendukung bagi perkembangn dan pendalaman bahasa Indonesia dari segi fonetis bahasa.
Manusia merupakan mahluk Tuhan yang sempurna dengan mahluk lainnya. Memanang dilihat dari segi kelahiran, perkembangan fisik, dan kematian manusia memiliki kesamaan dengan mahluk lainnya. Anugrah yang diberikan Tuhan pada manusia yang berpotensi mengusai bahasa sebagai alat untuk mengembangkan akal pikirannya. Akal bagi manusia merupakan naluri sedang bahasa merupakan naluri, jadi jelaslah bahwa manusia menguasi bahasa tertentu bukan naluri atau keturunan melainkan melalui belajar dengan lingkungan atau alam pengguna bahasa tertentu.
Bahasa tidak terpisahkan dari aktivitas kehidupan manusia. Mulai pagi saat bangun sampai malam ia beristirahat tidak lepas menggunakan bahasa. Dengan mempertimbangkan begitu pentingnya bahasa bagi kehidupan manusia, maka sangatlah layak manakala masyarakat ilmuan perduli untuk mengkajian terhadap bahasa.






BAB III SIMPULAN DAN SARAN

A.  Simpulan
IPA adalah ilmu pengetahuan teoretis yang diperoleh dengan metode khusus, sisitematis, dirumuskan yang berhubungan dengan gejala kebendaan dan didasarkan terutama atas pengamatan induksi.
Hubungan perkembangan IPA dan Teknologi yaitu kemajuan IPA dan teknologi dapat mengetahui sumber bunyi yang dihasilkan oleh alat indra manusia. Perkembangan ini sangat mendukung bagi perkembangn dan pendalaman bahasa Indonesia dari segi fonetis bahasa.
Dampak positif perkembangan IPA dan Teknologi dapat dibuat macam-macam media pendidikan, seperti OHP,Slide, Film strip, TV, Tape Recorder dan lain-lain yang dapat mempermudah proses pendidikan. Sedangkan dampak negatif yang terjadi pada bahasa dan sastra Indonesia dari IPA dan Teknologi, terjadinya pencemaran bahasa yang menghasilkan bahasa gaul dan bahasa sms, pemakaian teknologi modern cenderung mengasingkan manusia dari keberadaan sebenarnya, mengakibatkan pembatasan kebebasan terhadap manusia dalam penggunaan bahasa dan sastra Indonesia.

B.  Saran
Sejalan dengan simpulan di atas dapat disimpulkan yakni penulis ingin memberikan saran bagi pembaca umumnya, khususnya bagi pemakai alat-alat teknologi yaitu seluruh masyarakat Indonesia. Perkembangan IPA dan Teknologi yang kita rasakan saat ini dapat membedakan dampak negatif dan  positif agar tidak terjadi kesalahan penggunaannya.






DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi,Abu, dan A Supatmo. (1991). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta :Rineka Cipta.
Aly,Abdullah, dan Eny Rahma. (1991). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Heryadi Dedi.(2009). Fonlogi Bahasa Indonesia. Tasikmalaya: Universitas Siliwangi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar